Tentang Hujan

Salaam, ^^


October Rain..

Menurut pelajaran geografi *bener gak ya? dong, dong, dong..* yg pernah kudapat dulu, musim penghujan di Indonesia itu dimulai di bulan Oktober sampai April, tapi seiring berjalannya waktu dan semakin sakitnya bumi, perputaran musim berlangsung dengan random. Meskipun sudah memasuki musimnya, tapi nyatanya sampai saat ini hujan masih enggan turun dengan merata di Indonesia. Hanya cuaca yg tiba-tiba berubah mendung dan hawa panas yg begitu menyiksa tanpa turun hujan. Pfiiuuh..



Aku sangat menyukai hujan. Setiap datang musim penghujan, aku pasti seperti anak kecil yang kegirangan menyambut turunnya. Aku suka aroma tanah basah yg menyeruak di saat pertama kali hujan turun setelah lama tidak ada hujan. Rasanya sedap sekali. Hhmm..

Aku juga suka rintiknya. Pada dasarnya aku menyukai hujan yang tidak terlalu deras, karena hujan yg deras itu menakutkan. Berbeda rasanya ketika merasakan rintik hujan. Rasanya seperti damai dan syahdu. Aku pernah menerjang hujan hanya untuk menangis. Meski menggigil tapi melegakan setelahnya. Hehe..



Yaah, meskipun begitu terkadang hujan juga membuat bersungut-sungut jika datang di saat yg tidak tepat. Jika hujan terus menerus turun setiap hari pun rasanya bikin sebal juga ya? Ada masanya di mana kita ingin merasakan cuaca cerah juga. Hhhmm.. Dasar manusia, selalu saja ada yang membuatnya mengeluh. :p

Hujan itu berkah, semua yg datang dari langit itu berkah kok. Sebagaimana dikutip dari beberapa ayat dari surat Al Qur'an berikut ini:

1. Q.S Al Baqarah, ayat 22 

Dialah Yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air ("hujan") dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan "hujan" itu segala buah-buahan sebagai rezki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui. (QS. 2:22)


2. Q.S Al An'aam, ayat 99 
Dan Dialah yangmenurunkan air "hujan"dari langit lalu kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan, maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau, Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah, dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman. (QS. 6:99)


3. Q.S Al A'raaf, ayat 57 
Dan Dialah yang meniupkan angin sebagai pembawa berita gembira sebelum kedatangan rahmat-Nya ("hujan"); hingga apabila angin itu telah membawa awan mendung, Kami halau ke suatu daerah yang tandus, lalu Kami turunkan "hujan" di daerah itu, maka Kami keluarkan dengan sebab angin itu pelbagai macam buah-buahan. Seperti itulah Kami membangkitkan orang-orang yang telah mati, mudah-mudahan kamu mengambil pelajaran. (QS. 7:57)


Dan masih banyak lagi ayat-ayat Al  Qur'an yg menjelaskan tentang hujan. Subhanallah..

Jika kita percaya bahwa Alloh itu sayang sama kita, maka apa pun yg diberikan oleh Alloh selayaknya kita terima dengan syukur kan? :)

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer