Hei Kawan! Jadilah Guru.. (?)

Salaam,


Bagiku, guru itu mungkin klise. Sama seperti yang lain, yang menganggap guru itu pengganti orang tua ketika di sekolah. Selain mengajarkan pelajaran, juga mengajarkan pendidikan tentang mana yang baik dan mana yang buruk. Tapi, bagaimana ketika tidak di sekolah atau di rumah? Nah lho.. 

Yah, aku juga memiliki sosok guru yang aku kagumi. Saat SD aku sangat mengagumi guru kelas 5-6 yang bernama bapak Sumarsono. Beliau inilah yang membuatku semangat ke sekolah karena suka dengan caranya mengajar. Bisa dibilang cara mengajarnya sangat fun dan setahuku juga beliau orang yg tidak bisa marah namun bisa tegas terhadap murid-muridnya. Dulu, meskipun aku ini peringkat satu terus tapi nyatanya aku sering tidak pernah mengerjakan PR dan hukumannya harus jongkok di depan kelas sampai pak Mar (panggilan kami untuk beliau) menyuruhku kembali duduk.. Hehe.. Pak Mar juga suka bercerita di saat mengajar. Itu mungkin yang membuat aku dan teman-temanku menyukai beliau. Ya, itu saat SD saja. Selanjutnya, seingatku aku tidak punya sosok guru lain yang aku kagumi lagi saat sekolah.

Guru yang sangat berarti bagiku mungkin yang tersebar di jalanan. Guru-guru itu biasanya aku temui ketika aku ada di jalan atau kereta. Ya, aku memang sering sekali berjalan kaki dan naik kereta ketika aku kuliah dulu. Ketika berjalan kaki biasanya aku berguru melalui orang-orang yang aku lihat di jalan. Dari bapak tukang becak, tukang parkir, pedagang kaki lima, bahkan dari sesama mahasiswa yang berjalan kaki. Sedangkan di kereta api yang membawaku dari kampung halaman menuju Yogyakarta atau sebaliknya, biasanya aku berguru pada orang-orang yang duduk di dekatku. Mereka biasanya senang bercerita tentang kisah-kisah hidupnya, keluarganya, dan semua hal yang sering membuatku manggut-manggut ketika mendengarnya. Bagiku, mereka yang kutemui di jalan adalah guru terbaikku. 

Pada dasarnya semua orang adalah guru bagi dirinya maupun bagi orang lain tanpa mereka sadari. Jadi, jika tanpa sadar saja bisa menjadi guru bagaimana jika kita berusaha dengan sadar untuk menjadi guru bagi diri sendiri maupun orang lain dengan terus mengusahakan yang terbaik yang kita mampu dan kita punya. Selamat hari guru! :)


*Tulisan ini dibuat untuk memenuhi tugas PenaMerah.

Komentar

  1. "Pada dasarnya semua orang adalah guru bagi dirinya maupun bagi orang lain tanpa mereka sadari" yap sukaaaa :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer