Yu Sing dan Akanoma

Ada yg pernah mendengar nama Yu Sing, pendiri Akanoma? Hhmm.. Mungkin saya yang kudet atau  mungkin memang beliau belum terlalu terkenal di kalangan para hedonis, ups! Termasuk saya, dong? 

Bisa dibilang saya tahu beliau secara gak sengaja ketika seorang teman membagikan foto proyek pembangunan rumah melalui fanpage akanoma di facebook. Awalnya hanya kepo tentang akanoma, kemudian berujung pada penasaran. Siapa, sih pendirinya? Dan, bertemulah dengan pak Yu Sing ini.  

Bercerita tentang akanoma, atau akronim dari akar anomali yang didirikan oleh pak Yu Sing. Proyek rumah atau bangunan yang dikerjakan akanoma memang unik, bahkan sangat unik buat saya. Dari bentuknya yang kadang bisa dibilang tidak presisi, sampai pemakaian bahan yang diambil dari barang bekas, seperti botol atau pemanfaatan kayu bekas. That's awesome for me! Hal ini karena akanoma juga mengedepankan desain rumah yang ramah lingkungan. Siapa, sih yang gak suka punya rumah yang banyak pohon atau tanaman, dan segar udaranya? Buat saya desain rumah akanoma adalah desain untuk rumah yang benar-benar 'rumah', di mana tempat yg bukan hanya tempat singgah untuk tidur saja, melainkan juga tempat untuk segalanya. I dream it!! 

 
 botol bekas disulap menjadi??

 kumpulan botol bekas yg disulap menjadi garasi dan tempat menjemur

Pak Yu Sing, sang pendiri ini bisa dibilang idealis, khususnya mengenai lingkungan dan alam. Tapi, itu bagus menurutku. Hei, Indonesia itu kaya. Kenapa, seolah-olah orang Indonesia menganggap mereka miskin, karena kita dibodohi. Kita melupakan filosofi; Sandang, Pangan, Papan; yang merupakan filosofi Jawa tentang kebutuhan pokok manusia. Yah, saya sendiri lumayan lupa tentang filosofi itu, sebelum membaca pemikiran pak Yu Sing dalam blognya rumah-yusing.blogspot.com.

 
 dinding bata yg alami dengan tonjolan yg bisa difungsikan

 tonjolan di dnding bata difungsikan menjadi wadah pot tanaman, segar

Pikiran saya mulai sedikit tercerahkan dan sedikit memulai untuk memupuk lagi impian punya rumah unik, murah, dan ramah lingkungan. Andai pak Yu Sing atau arsitek akanoma bisa membantu, tapi sepertinya mustahil karena begitu banyak klien yg ingin menggunakan jasa mereka dan tentunya biaya masih jd hambatan, hehe.. Aah, bismillah..

pak Yu Sing tengah


PS: pic source from Akanoma's fanpage

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer